Tutorial Ujian Sertifikasi Cisco CCNA

OSPF adalah topik utama pada ujian CCNA Anda, juga seharusnya. OSPF adalah protokol WAN yang banyak digunakan, dan Anda perlu mempelajari dasar-dasarnya sebelum beralih ke konfigurasi yang lebih rumit. Salah satu detailnya adalah ID Router OSPF, atau RID. Untuk Kamu Yang Membutuhkan Informasi Terkait Teknologi, Silahkan Kunjungi inews99.com yang membahas tentang Teknologi, Gadget hingga Tips Bisnis dan masih banyak yang lainnya.

Tutorial Ujian Sertifikasi Cisco CCNA

RID adalah nilai desimal bertitik dimana router OSPF lainnya akan mengidentifikasi router OSPF yang diberikan. Ada beberapa default menarik untuk nilai ini, dan perintah yang harus Anda ketahui untuk meng-hardcode RID. Anda juga sebaiknya tahu apa yang harus terjadi agar perintah ini diterapkan, jadi mari kita lihat lebih rinci pada OSPF RID.

Dalam contoh ini, R1 memiliki kedekatan dengan R2 dan R3 melalui jaringan frame 172.12.123.0/24. R1 adalah hub, dengan R2 dan R3 sebagai ruji. Tidak ada antarmuka lain yang mengaktifkan OSPF pada router mana pun. Menjalankan show ip ospf neighbor di R1, kami melihat beberapa nilai yang tidak biasa di bawah “Neighbor ID”, yang merupakan nama lain untuk OSPF RID.

R1 # tunjukkan ip tetangga ospf

  • Antarmuka Alamat Waktu Mati State Neighbor ID Pri
  • 3.3.3.3 0 FULL / DROTHER 00:01:57 172.12.123.3 Serial0
  • 2.2.2.2 0 FULL / DROTHER 00:01:57 172.12.123.2 Serial0

Perhatikan ID Neighbor dari setiap alamat jarak jauh adalah alamat loopback. Bagaimana bisa jika mereka tidak mendukung OSPF?

Saat menentukan ID Router (RID) dari router yang mendukung OSPF, OSPF akan selalu menggunakan alamat IP tertinggi secara numerik pada antarmuka loopback router, terlepas dari apakah loopback itu mendukung OSPF.

Bagaimana jika tidak ada loopback? OSPF kemudian akan menggunakan alamat IP tertinggi secara numerik dari antarmuka fisik, terlepas dari apakah antarmuka itu berkemampuan OSPF.

BOTTOM LINE: Antarmuka tidak harus menjalankan OSPF untuk memiliki alamat IP yang digunakan sebagai OSPF RID.

OSPF RID dapat diubah, tetapi membutuhkan restart atau menginisialisasi ulang proses routing OSPF. Gunakan perintah router-id untuk mengubah RID default setiap router seperti yang ditunjukkan, dan hapus proses OSPF untuk melakukannya.

R1 # conf t

  • Masukkan perintah konfigurasi, satu per baris. Akhiri dengan CNTL / Z.
  • R1 (config) #router ospf 1
  • R1 (config-router) # router-id 11.11.11.11
  • Reload atau gunakan perintah “clear ip ospf process”, agar ini berlaku
  • R1 # hapus proses ip ospf
  • Setel ulang SEMUA proses OSPF? [Tidak iya
  • 1d05j:% OSPF-5-ADJCHG: Proses 1, Nbr 3.3.3.3 pada Serial0 dari 2WAY hingga
    BAWAH, Neighbor Down: Antarmuka turun atau terlepas
  • 1d05j:% OSPF-5-ADJCHG: Proses 1, Nbr 2.2.2.2 pada Serial0 dari 2WAY hingga
    BAWAH, Neighbor Down: Antarmuka turun atau terlepas

Setelah memasukkan perintah router-id, konsol router memberi tahu Anda bahwa Anda harus memuat ulang router atau mengatur ulang proses OSPF agar ini berlaku. Anda memasukkan perintah proses ip jelas ospf untuk melakukan ini. Perhatikan bahwa ketika Anda ditanya apakah Anda benar-benar ingin melakukan ini, promptnya adalah “tidak”? Itu karena semua kedekatan OSPF pada router ini akan hilang dan harus memulai proses lagi. Tidak apa-apa di rak praktik, tidak bagus di jaringan produksi. Jangan gunakan itu di tempat kerja.

OSPF RID bukan konsep yang rumit, tetapi fakta bahwa antarmuka tidak harus diaktifkan OSPF untuk memiliki alamat IP bertindak sebagai RID mengambil membiasakan diri. Dan ingat – ketika router atau switch menanyakan pertanyaan kepada Anda dan jawaban yang diminta adalah “tidak”, mundur satu langkah dan pastikan Anda benar-benar ingin melakukan apa yang akan Anda lakukan!

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *